Sabtu, 07 April 2012

Mengenal Reggae

0 komentar
Banyak sekali yang beranggapan Reggae identik dengan aroma daun ganja. Hal ini sering dikaitkan karena dau ganja bersifat memabukkan yang mampu mengajak pendengarnya. Padahal tanpa ngeganjapun saya pribadi bisa bergoyang ketika mendengarkan lagu reggae. Karena saya menganggap lagu atau musik reggae adalah sebagai inspirasi karena kebanyak dari lirik-lirik lagu reggae adalah bersifat membangun dan menenangkan hati bagi pendengarnya. Tidak ada efek negative yang saya rasakan selama mendengarkan baik menghadiri acara-acara yang bertemakan reggae penonotonnya sangat cinta damai dan tidak rusuh. Sering kali saya menghadiri acara seperti ini hanya berdua dengan teman saya dan wanita tetapi tidak ada yang beniat jahat satupun karena hobby kita sama dan cinta damai.

Selain Reggae di cap atau di simbolkan dengan ganja regga juga kerap dilambangkan dengan rambut gimal. Rambut gimbal adalah model rambut yang dijadikan beberapa ikatan secara lekat dan memanjang. Reggae tidak harus gimbal tetapi kebanyakan pecinta reggae tidak merasa komplit apabila tidak ditambahkan aksen rambutnya yaitu rambut gimbal.

Di Indonesia, musik reggae sebenernya sudah lama dikenal. Hanya saja musik reggae ini tidak terlalu di kenal dalam dunia Industri musik. Hanya musik yang beraliran pop, rock, dangdut saja yang eksis dalam dunia industri musik atau entertaiment.

Ada beberapa musisi yang eksis memainkan musik reggae di Indonesia. Musisi yang eksis dalam Industri Musik Indonesia adalah Imanes, Tonny Q Rastafarra, Steven  Jam dan juga almarhum Mbah Surip.

Pengertian reggae merupakan irama musik yang berkembang dijamaika. Kata reggae sendiri berasal dari pengucapan logat Afrika dari kata “Ragged” yang berati gerak kagok seperti hentak badan pada orang yang menari dengan irama musik SKA atau Reggae.

Irama musik reggae dipengaruhi elemen musik R&B yang lahir di NEW ORLEANS, SOUL, ROCK, ritmik AFRO-CARIBEAN ( calypso, merengue, rhumba ) dan musik ratyat jamaika yang disebut “mento”, yang kaya dengan irama afrika.

Pada tahun 1968an banyak yang menyebut tahun kelahiran musik reggae di dunia. Musik reggae mulai berkembang di kawasan Jamaica, Afrika.

Pada tahun 1972 Bob Marley meluncurkan album “Catch A Fire” dan “The Wailers” dengan cepat album ini melambungkan aliran reggae hingga keluar Afrika.

Pada saat itu tidak hanya orang yang berkulit hitam saja yang menyukai musik reggae karena kepopuleran musik reggae sudah sampai di Amerika Serikat pada tahun 1973 yang di populerkan oleh “Film The Hearder They Come” dan dimainkannya musik irama reggae oleh musisi berkulit putih “Eric Clapton, Paul Simon, Lee “Scratch” perry dan UB40. Dan irama reeggae pun mempengaruhi aliran-aliran musik lainnya.

Legendaris yang paling dikenang dunia adalah “Bob Marley”. Saking melegendanya setiap tanggal lahir Bob Marley selalu diadakan acara untuk mengenang sosok legendaris yang membuat musik reggae di kenal oleh dunia.

Bob Marley seorang penyanyi, penulis lagu, gitaris dan aktivis Jamaica. Terlahir dengan nama Robert Nesta Marley pada tanggal 6 Februari 1945 di Nine Miles, Saint Ann Parish, Jamaica.

Bob Marley menjadi penyanyi reggae legendaris karena Bob Marley berhasil mengangkat derajat orang-orang yang berkulit hitam di mata dunia.

Robert Nesta “Bob” Marley adalah seorang penyanyi, pencipta lagu, dan musisi reggae berkebangsaan Jamaika. Bob Marley sampai saat ini dikenal di seluruh dunia sebagai musisi reggae yang paling tersohor dalam dunia musik reggae. Dia diakui perannya dalam memopulerkan dan menyebarkan musik Jamaika dan Gerakan Rastafari ke seluruh dunia.

Pada tahun 1976, Bob Marley hijrah ke Inggris dan kreatifitasnya pun tak mereda. Kesuksesan ini di ikutin di album berikutnya “Kaya”. Kesuksesan tersebut dapat mengantarkan musik reggae menjadi mendunia untuk pertama kalinya.

Terima kasih untuk para sumber :)



Sumber : http://www.anneahira.com/musik-reggae-16746.htm
http://www.esc-creation.org/showthread.php?tid=1342
http://reggae-banten.blogspot.com/2008/08/pengertian-reggae.html
http://korandoanakindonesia.wordpress.com/2011/05/12/bob-marley-legendaris-reggae-dikenang-dunia/

Leave a Reply