Kamis, 05 April 2012

Bermusik

0 komentar
Semua orang pasti mengenal musik dimana musik sudah menjadi santapan sehari-hari di kehidupan. Ketika beraktifitas, berpergian ke kantor , kampus atau sekolah. Kebanyakan orang yang saya temui pasti sedang menggunakan  headset  untuk mendengarkan lagu dan menghilangkan rasa jenuh selama dalam perjalanannya, bahkan saat bersepeda pun teman-teman saya banyak yang mendengarkan lagu ketika bersepeda bersama.
Aliran musik beraneka macam Pop, Melayu, Dangdut, Reggae, Rock, Metal, Punk Rock, Ska dan masih banyak lagi.

Semakin maju tehnologi semakin beraneka ragam jenis musik dan alat-alat yang dimainkan untuk bermusik.
Dari alat tradisonal saja Indonesia sudah mempunyai banyak keanekaragaman,seperti :
- Gamelan
- Angklung
- Kecapi
- Suling Bambu
- Kendang
- Sasando
- Telempong
- Jimbe, dll.
Sedangkan alat musik modern :
- Guitar Elektrik
- Drum
- Bass
- Piano
- Biola

Dari macam-macam alat musik diatas mempunyai fungsi masing-masing. Alat musik yang populer saat ini adalah modern karena musisi sering menggunakan. Misalnya band-band terkenal di Indonesia seperti "Ungu" menggunakan alat music modern. Beberapa band lainnya yang beraliran Reggae biasanya salah satu personilnya mendambahkan Jimbe kedalam musiknya.

Manfaat musik sendiri untuk manusia adalah untung menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan dimana pada saat seseorang sibuk akan pekerjaan sehari-harinya maka akan mencari penyeimbang jika bisa memainkan musik maka seseorang tersebut akan mengisi waktu luangnya untuk bermain musik atau hanya mendengarkan lagu.

Bagi saya sendiri bermusik sangat banyak manfaatnya seperti menghilangkan rasa bosan, lelah, sedih, marah dan senang. Dalam bermain musik saya dapat meluapkan rasa emosi dan membuat pikiran tenang.
Pilihlah lagu yang membangun jangan memilih musik yang dapat membuat jatuh. Perhatikan lirik lebih teliti jangan asal mendengarkan saja tetapi harus cermat dalam hal mendengarkan lagu tersebut, apakah layak di dengar atau tidak.

Untuk Ibu hamil musik juga bermanfaat bagi calon bayinya. Jika Ibu hamil ketika lagi mengandung sering mendengarkan musik-musik yang berkualitas dan bersifat motifasi maka cabang bayi tersebut dan akan mempengaruhi kinerja otak bayi tersebut.

Saya mendapatkan info tersebut dari salah satu stasiun televisi swasta dimana ketika seorang Ibu hamil anak pertamanya si Ibu sering mendengarkan musik yang berkualitas dan bersifat membangun atau motifasi ketika anak itu lahir terlihat jelas perkembangannya sangat cepat dan mudah bersosialisai dengan orang sekitar, ketika Ibu ini menghamil anak keduanya Ibu ini jarang mendengarkan musik-musik yang berkualitas karna kesibukannya si dunia perkantoran alhasil anak tersebut tidak seaktif kakanya yang saat masih didalam kandungan Ibunya rutin memberikan musi-musik yang berkualits.

Dalam hal ini musik sudah terbukti banyak manfaat baiknya dan seengetahuan saya musik tidak akan merusak orang, tetapi prang itu sendiri yang merusak dirinya.

Untuk memainkan alat musik tidaklah susah, jika anda mempunyai gitar, piano, atau drum dirumah tidaklah sulit untuk mempelajarinya. Tehknologi sudah maju tinggal searching saja di Google atau Youtube banyak sekali pengetahuan tentang cara memainkan alat musik.

Tidak hanya menggunakan alat saja musik dapat dimainkan tetapi bisa dengan mulut sendiri, musik ini biasa di kenal dengan sebutan BeatBox. Dimana suara musik tersebut  dihasilkan dari mulut dan membentuk suatu kesatuan musik yang bagus. Biasanya memainkan musik ini mempunyai tim untuk menghasilkan gabungan musik yang menyenangkan.

Sumber : otaksendiri.com

Leave a Reply