Kamis, 28 Juni 2012

7 Hal Menyangkut Bed & Breakfast

0 komentar

EXPLORE SMARTTRAVEL


Ketika hendak berlibur, bisa jadi akomodasi menjadi salah sau yang bikin Anda harus melakukan persiapan matang, setelah transportasi. Meski ada juga yang menyebutkan penginapan atau hotel bisa diurus setelah tiba di kota tujuan. Di tengah musim liburan, tentu saja hal itu tidak mungkin di lakukan. Untuk jenis akomodasi, ada beberapa pilihan. Salah satu yang mungkin belum pernah Anda coba Bed & Breakfast. Jenis yang satu ini sudah tumbuh di Amerika Serikat selama 200 tahun, meski di Asia popularitasnya tidak melambung seperti di Negri Abang Sam. Bagi yang mau menjajal jenis akomodasi ini, kenalin tujuh hal yang menyangkut B&B.


1. BERBEDA. B&B sudah pasti berbeda dengan hotel pada umumnya. Namun kebanyakan mempunyai keunikan tersendiri. Hal ini terjadi karena bangunanya ada yang berupa rumah tua, atau sebagian besar dari kayu, ada pula yang modern ataupun kaya akan unsure etnik.

2. MENU SARAPAN. Selain kamar atau bangunan, yang menjadi cirri khas kelas akomodasi ini adalah sarpan. Bila anda harus berdiet karena menjaga berat badan atau penyakit yang di derita, bisa tanyakan soal menu sarapan pada saat memesan kamar.

3. KAMAR MANDI. Kebanyakan B&B menyediakan kamar mandi disetiap kamar, tapi ada kemungkinan kamar mandi yang di gunakan berada di luar kamar dan harus berbagi dengan tamu lain. Jadi ada baiknya soal kamar mandi ditanyakan sebelum dilakukan pemesanan.

4. LAYANAN. B&B  tidak seperti hotel yang memberikan layanan 24 jam, sehingga pemesanan via telepon sebaiknya dilakukan pada jam kerja atau [agi hingga sore hari. Kemudian, bila ada anggota keluarga dalam rombongan yang memiliki kebutuhan khusus, coba tanyakan ada fasilitas yang memadai untuknya.

5. KEBIJAKAN. Tanyakan soal kebijakan pemilik B&B tentang anak-anak, ruang merokok, atau mungkin binatang pemeliharaan, terutama anda mempunyai keterkaitan dengan tiga hal tersebut. Jangan lupa menegaskan awal waktu check-in dan check-out, juga soal deposit serta pembatalan.

6. PESAN LEBIH AWAL. Meski sejumlah B&B membuka pintu bagi para tamu yang dating langsung menginap., kebanayakan lebih disukai adanya pemesanan kamar sebelum tamu dating. Pada umumnya B&B, selain menyediakan kamar beukuran kecil, jumlahnya tidak banyak, sehingga pada bulan liburan boleh jadi terisi penuh. Dengan pemesanan jauh hari sebelumnya, pemilik akomodasi bisa member saran tanggal yang kosong.

7. LEBIH HANGAT. Kebanyakan pemilik B&B memperlakukan tamunya seperti keluarga. Jangan bayangkan lingkungan seperti hotel. Dalam akomodasi ini suasana lebih hangat, antara pemilik dan tamu lebih akrab, serta bisa jadi anda merasa seperti dirumah sendiri, atau paling tidak serasa tinggal di kediaman kerabat.

Leave a Reply