Kamis, 28 Juni 2012

Mesti profesional dan kreatif

0 komentar

I Gusti Agung Pusaka Puja Wesaka

Ada dua hal dari australia yang membuat I Gusti Agung Wesaka Puja suka kenegara ini. Duta besar untuk Australia ini pertama tama kagum terhadap pengelolah kebudayaan dan kesenian disini ‘’manajemennya sangat profesional’’ kata Puja dikedutaan besar indonesia wina, australia ,akhir maret lalu.

Diplot senior juga menjabat perwakilan tetap republik indonesia untuk PBB ini lantas bercerita soal pengelolaan museum di wina. Menurutnya, dari 100-an museum di kota ini semuanya bisa hidup dan survive dari tiket masuk saja .   ‘’kuncinya adalah perprofesional dan kreatifitas dalam mengelola’’ katanya.   Ia secara khusus memberi perhatian bagaimana museum rajin menggelar event untuk menarik pengunjung .   ‘’mulai dari pameran lukisan, hingga karya seni berharga lain bahkan kadang mendatangkan koleksi museum dari negara lain’’, kata pria yang lahir di bali , 11 januari 1962, ini .

keseriusan Australia kata puja , yang saat ini juga menjabat Duta Besar Indonesia untuk Slovenia, mengelola , kebudayaan dalam konteks pariwisata juga terlihat dari adanya perpustakaan yang selain sumber ferensi akademis juga menjadi tempat kunjungan wisata ,   ‘’ Ada buku kuno yang di perlihatkan kepada publik, berikut kisah da sejarah nyaa’’,  kata ayah anak ini.

Itu sebabnya , kata puja ,rata-rata ,iap tahun Australiamenerima kunjungan wisatawan hingga 10,3 juta orang. Bandingkan hanya 8,4 juta jiwa . ‘’itu hanya dari wisatawan yang stay semingguan , ya.tidak termasuk yang overnight stayer ,yang mungkin bisa mencapai 30 juta orang ‘’, katanya .

Profesionalitas pemerintah Australia mengelola pariwisata, menurut puja , layak dipelajari. Dan , menurutnya , indonesia mestinya juga mampu melakukanya. Sebab indonesia mempunyai banyak potensi sebagai daya tarik pariwisata.

Hal kedua yang membuatnya betah di australia adalah musik . ‘’disini surganya pecinta musik klasik’’  katanya. Ia sampai khusus menyisihkan  gajinya untuk menghadiri nonton repetoar orchestra klasik yang banyak bertebaran dipenjuru kota. Selain memang menyintai musik dan seni ‘’ konse-konser itu bagian dari manajemen  streeeess saya’’katanya sambil tertawa.

Manajemen streess lainya adalah dunia  seni itu sendiri. Selain penikmat ,puja juga sering menjadi pelaku seni , bermain musik menabuh gamelan ,bahkan menari. Orang baliya jelas bisa dong   tari baris atau tari topeng.’’   Katanya terbahakkk.

Leave a Reply