Minggu, 19 Januari 2014

Etika Profesi Bisnis (Tugas 1)

0 komentar

Tugas 1
Union Carbide Bhopal

Kelompok 1
1.   Apakah  isu-isu etis yang diangkat oleh kasus ini ?
Jawab :

Isu etis dari kasus ini mengenai kelalaian lingkungan dan tanggung jawab yang telah mengakibatkan        banyaknya korban jiwa dari kebocoran gas beracun metil isosianat dari pabrik pestisida Union Carbide.

2.   Apakah doktrin hukum “Perseroan Terbatas” berlaku untuk melindungi para pemegang  saham Union Carbide Corporation (AS)?
Jawab :

Tidak, doktrin hukum tidak berlaku untuk melindungi para pemegang saham melainkan merugikan pemegang saham sehingga menimbulkan kemarahan dari para pemegang saham akibat kerugian yang diderita. Selain itu, dikabarkan bahwa Union Carbide di Bhopal telah kehilangan uang untuk beberapa tahun.

3.   Apakah operasional di India yang sedang di awasi oleh para manajer Union Carbide Corporation (AS) sesuai secara hukum atau moral, ataupun standar-standar yang etis?
Jawab :

Tidak sesuai dengan hukum, norma dan etika karna Union Carbide telah mengabaikan peringatan yang telah diberikan oleh para manajer Amerika untuk memperbaiki 10 kelemahan utama pada peralatan dan prosedur keselamatan. Sehingga, terjadinya kebocoran gas dan menimbulkan banyak korban jiwa akibat dari kelalaian Union Carbide.

Leave a Reply