Selasa, 02 November 2010

TUGAS KE-5 (PENGANTAR BISNIS)

0 komentar
1. Sebutkan perbedaan manajemen dan organisasi ?
    Jawab:
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisaso serta penggunaan semua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Sedangkan, Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Mengapa manajemen selalu dibutuhkan dalam setiap aktifitas kita ? Jelaskan !
    Jawab:
Karena setiap manusia pasti membutuhkan manajemen .
Salah satunya adalah manajemen waktu. Dimana dalam peribahasa barat dikatakan "waktu adalah uang". Kata-kata tersebut sering sekali kita dengar untuk menunjukan sangat berharganya waktu. Waktu adalah anugerah Allah yang diberikan kepada kita agar bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.


Manusia sering membuang waktu dengan percuma dengan melakukan hal-hal yang tak berguna dan bahkan merugikan orang lain. Namun, waktu juga bisa terbuang sia-sia bila seseorang tidak mengelola waktunya dengan baik. Ia bisa mengisi kesempatan yang tersedia dengan aktifitas-aktifitas positif tetapi tidak teratur sehingga saling berbenturan dan berpotensi hilangnya kesempatan untuk melakukan aktifitas yang lain. Ini tentu juga akan berdampak dengan orang lain yang melakukan aktifitas bersamanya dan merugikan mereka. Ketidakmampuan mengelola waktu dengan baik (mismanagement of time) adalah sebuah kesalahan yang harus segera dibenahi. Oleh karena itu, manajemen waktu merupakan keharusan bagi setiap orang sebelum menjalani berbagai aktifitas setiap harinya.


3. Apa yang dimaksud dengan manajer yang efektif ?
    Jawab :
Manajer yang efektif adalah manajer yang mampu mengelola, mengurus orang lain dan dapat mengarahkan bawahannya atau karyawannya dengan baik dan benar . 


4. Apa yang dimaksud dengan prinsip koordinasi itu dan mengapa prinsip tersebut diperlukan ?
    Jawab :
Prinsip koordinasi adalah organisasi harus memungkinkan koordinasi yang baik dari tiap fungsi agar dicapai efisiensi yang maksimal.
Prinsip koordinasi diperlukan agar setiap individu tidak melakukan sesuatu hanya berdasarkan ego pribadi tetapi dapat bersatu hingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.


5. Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu ?
  • Keinginan untuk menjadi lebih baik untuk msa depan
  • Dorongan dari lingkungan sekitar 
  • Kegagalan masa lalu
  • Pengaruh tingkat pendidikan








Leave a Reply